Pengertian Administrasi Kepegawaian
TUGAS
PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
DISUSUN OLEH:
SUCI ANDRIANY
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1
TARAKAN
KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI
PERKANTORAN
TAHUN 2017
KATA PENGANTAR
Assalammualaikum Wr.Wb
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat serta hidayah sehingga berkat Karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh
guru kami mengenai “ PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN “.
Saya selaku penyusun juga tidak lupa mengucapkan terima
kasih kepada guru pembimbing saya yang telah banyak memberi masukan selama saya
mengerjakan tugas ini.
Semoga apa yang saya kerjakan ini dapat bermanfaat bagi
semua pembaca khususnya yang ingin mengetahui tentang “ PENGERTIAN ADMINISTRASI
KEPEGAWAIAN “.
TARAKAN, 18 Agustus 2017
Penyusun,
Suci Andriany
DAFTAR ISI
Halaman Judul ................................................................................................... i
Kata Pengantar .................................................................................................. ii
Daftar Isi .............................................................................................................. iii
A. Pengertian Administrasi........................................................................................................... 1
B. Pengertian Kepegawaian.......................................................................................................... 2
C. Pengertian Administrasi Kepegawaian........................................................................... 3
D. Pengertian Administrasi Kepegawaian Menurut Para Ahli................................ 3
Daftar Pustaka.................................................................................................... 5
A. Pengertian Administrasi
Administrasi
adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan
untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang
meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik,
agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Administrasi dalam
arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam
mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya
guna dan berhasil guna.
Pengertian administrasi menurut para ahli:
1) Arthur Grager
Administrasi
adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat
suatu organisasi.
2) George Terry
Administrasi
adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran,
serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
3) Sondang P. Siagian
Administrasi
adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan
atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya.
4) William Leffingwell dan Edwin Robinson
Administrasi
adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan
perkantoran secara efisien, kapan, dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan.
5) Ulbert
Administrasi
secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan
informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud
menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian
maupun menyeluruh. Pengertian administrasi secara sempit ini lebih dikenal
dengan istilah Tata Usaha.
B. Pengertian Kepegawaian
Menurut
Soedaryono dalam bukunya (Tata Laksana Kantor, Edisi 6 : 2000) pengertian
pegawai adalah “seseorang yang melakukan penghidupannya dengan bekerja dalam
kesatuan organisasi, baik kesatuan kerja pemerintah maupun kesatuan kerja
swasta”.
Menurut
Robbins (Perilaku Organisasi, Edisi 10 : 2006) pengertian pegawai adalah “orang
pribadi yang bekerja pada pemberi kerja, baik sebagai pegawai tetap atau tidak,
berdasarkan kesepakatan kerja baik tertulis maupun tidak tertulis, untuk
melaksanakan suatu pekerjaan dalam jabatan atau kegiatan tertentu yang
ditetapkan oleh pemberi kerja”.
Berdasarkan
pengertian diatas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa “pegawai adalah
seseorang yang bekerja pada suatu kesatuan organisasi, baik sebagai pegawai
tetap maupun tidak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya”.
Pengertian Kepegawaian Menurut Para Ahli :
1. Edwin B. Flippo
Dalam
bukunya personel management, mengatakan: “personal management is the planning,
organizing directing and controlling of the procurement, development,
competation, integration, maintenance, and separation of human resources to the
and that individual, organizational, and socieatal objectives are accomlished”.(1988).
Manajemen
personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian
dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan
pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan individu,
karyawan dan masyarakat.
2. Dale Yoder
Personal
management is the provision of leadershif and direction of people in their
working or amployment relationshif. (1990).
Manajemen
personalia adalah penyediaan kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam
pekerjaan atau hubungan kerja mereka.
C. Pengertian Administrasi Kepegawaian
Administrasi kepegawaian ialah
keseluruhan aktivitas ataupun kegiatan yang juga berkaitan dengan masalah
penggunaan pegawai “tenaga kerja” agar dapat mencapai tujuan. Sedangkan
administrator memiliki tujuan agar dapat menyusun dan juga mengendalikan dari
keseluruhan aktivitas supaya dapat memelihara, mengembangkan, mendapatkan
ataupun menggunakan para pegawai dengan sesuai dari beban kerjanya sehingga
dapat mencapai tujuan dari organisasi ataupun perusahaan yang sudah ditentukan
sebelumnya. Pengorganisasian kepegawaian ialah menggolongkan dan menetapkan
serta mengatur berbagai macam dari aktivitas ataupun kegiatan yang juga
dianggap sangat penting yakni seperti menetapkan tugas dari seseorang,
menetapkan wewenang dari seseorang dan juga yang lainnya. Dalam sebuah pola
tertentu dengan sedemikian rupa sehingga para pegawai yang bekerja didalamnya
bisa saling bekerja sama untuk bisa mempermudah di dalam mencapai suatu tujuan
dari perusahaan ataupun organisasi.
Pengarahan pegawai ialah suatu teori
dan keyakinan untuk dapat memotivasi pegawai dengan secara keseluruhan akan
tetapi tidak ada kesepakatan mengenai apa yang bisa dimotivasi. Oleh karena itu
menjadi sangat sulit bagi perusahaan ataupun organisasi supaya sampai kepada
kebijakan dan juga pendekatan yang dapat memuaskan para pegawainya. Selain hal
itu bagi setiap perusahaan ataupun organisasi dengan skala apa saja membuat
nalisis dengan mendalam tentang apa yang bisa memotivasi dari setiap tenaga
kerjanya merupakan hal yang tidak praktis akan tetapi terdapat sebuah
aturan-aturan yang praktis yang dapat diikuti untuk bisa membantu memotivasi
para pegawai dan juga meningkatkan kinerja dari para pegawai.
D. Pengertian Administrasi Kepegawaian Menurut Para Ahli :
1. Andrew F. Sikula
Personel
administration is the implementation of human resources (man power) by and
withim and enterprise.(1990). Administrasi kepegawaian adalah penempatan orang-orang
kedalam suatu perusahaan.
2. Paul Pigor dan Charles A. Myerse
Administrasi
Kepegawaian adalah seni mencari, mengembangkan, dan mempertahankan, tenaga
kerja yang cakap dengan cara sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi dan
efesiensi kerja dapat tercapai semaksimum mungkin.
3. Drs. Manullang
Administrasi
Kepegawaian adalah sesuatu ilmu yang mempelajari cara bagaimana memberikan
fasilitas untuk mengembangkan kemampuan dan rasa partisipasi pekerja dalam
suatu kesatuan aktifitas demi tercapainya tujuan.
4. Drs F. X Soedjadi,M.P.A
Administrasi
Kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pimpinan
agar tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat, dan fungsi
organisasi serta sifat dan hakikat para anggotanya.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar