Pengertian Administrasi Kepegawaian


TUGAS
PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN




DISUSUN OLEH:
SUCI ANDRIANY






SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TARAKAN
KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN 2017


KATA PENGANTAR

Assalammualaikum Wr.Wb

            Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah sehingga berkat Karunia-Nya saya dapat  menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru kami mengenai “ PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN “.

            Saya selaku penyusun juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah banyak memberi masukan selama saya mengerjakan tugas ini.

            Semoga apa yang saya kerjakan ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca khususnya yang ingin mengetahui tentang “ PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN “.


TARAKAN, 18 Agustus 2017
Penyusun,




Suci Andriany


DAFTAR ISI

Halaman Judul ...................................................................................................         i
Kata Pengantar ..................................................................................................        ii
Daftar Isi ..............................................................................................................      iii

A.      Pengertian Administrasi...........................................................................................................        1
B.      Pengertian Kepegawaian..........................................................................................................        2
C.      Pengertian Administrasi Kepegawaian...........................................................................        3
D.     Pengertian Administrasi Kepegawaian Menurut Para Ahli................................        3

Daftar Pustaka....................................................................................................        5



A.      Pengertian Administrasi

            Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

Pengertian administrasi menurut para ahli:

1)     Arthur Grager

            Administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

2)     George Terry

            Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3)     Sondang P. Siagian

            Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

4)     William Leffingwell dan Edwin Robinson

            Administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan.

5)     Ulbert

            Administrasi secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Pengertian administrasi secara sempit ini lebih dikenal dengan istilah Tata Usaha.

B.      Pengertian Kepegawaian

            Menurut Soedaryono dalam bukunya (Tata Laksana Kantor, Edisi 6 : 2000) pengertian pegawai adalah “seseorang yang melakukan penghidupannya dengan bekerja dalam kesatuan organisasi, baik kesatuan kerja pemerintah maupun kesatuan kerja swasta”.
           
            Menurut Robbins (Perilaku Organisasi, Edisi 10 : 2006) pengertian pegawai adalah “orang pribadi yang bekerja pada pemberi kerja, baik sebagai pegawai tetap atau tidak, berdasarkan kesepakatan kerja baik tertulis maupun tidak tertulis, untuk melaksanakan suatu pekerjaan dalam jabatan atau kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh pemberi kerja”.
           
            Berdasarkan pengertian diatas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa “pegawai adalah seseorang yang bekerja pada suatu kesatuan organisasi, baik sebagai pegawai tetap maupun tidak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya”.

Pengertian Kepegawaian Menurut Para Ahli :

1.      Edwin B. Flippo

            Dalam bukunya personel management, mengatakan: “personal management is the planning, organizing directing and controlling of the procurement, development, competation, integration, maintenance, and separation of human resources to the and that individual, organizational, and socieatal objectives are accomlished”.(1988).
           
            Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan individu, karyawan dan masyarakat.

2.      Dale Yoder

            Personal management is the provision of leadershif and direction of people in their working or amployment relationshif. (1990).

            Manajemen personalia adalah penyediaan kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam pekerjaan atau hubungan kerja mereka.

C.      Pengertian Administrasi Kepegawaian

            Administrasi kepegawaian ialah keseluruhan aktivitas ataupun kegiatan yang juga berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai “tenaga kerja” agar dapat mencapai tujuan. Sedangkan administrator memiliki tujuan agar dapat menyusun dan juga mengendalikan dari keseluruhan aktivitas supaya dapat memelihara, mengembangkan, mendapatkan ataupun menggunakan para pegawai dengan sesuai dari beban kerjanya sehingga dapat mencapai tujuan dari organisasi ataupun perusahaan yang sudah ditentukan sebelumnya. Pengorganisasian kepegawaian ialah menggolongkan dan menetapkan serta mengatur berbagai macam dari aktivitas ataupun kegiatan yang juga dianggap sangat penting yakni seperti menetapkan tugas dari seseorang, menetapkan wewenang dari seseorang dan juga yang lainnya. Dalam sebuah pola tertentu dengan sedemikian rupa sehingga para pegawai yang bekerja didalamnya bisa saling bekerja sama untuk bisa mempermudah di dalam mencapai suatu tujuan dari perusahaan ataupun organisasi.

            Pengarahan pegawai ialah suatu teori dan keyakinan untuk dapat memotivasi pegawai dengan secara keseluruhan akan tetapi tidak ada kesepakatan mengenai apa yang bisa dimotivasi. Oleh karena itu menjadi sangat sulit bagi perusahaan ataupun organisasi supaya sampai kepada kebijakan dan juga pendekatan yang dapat memuaskan para pegawainya. Selain hal itu bagi setiap perusahaan ataupun organisasi dengan skala apa saja membuat nalisis dengan mendalam tentang apa yang bisa memotivasi dari setiap tenaga kerjanya merupakan hal yang tidak praktis akan tetapi terdapat sebuah aturan-aturan yang praktis yang dapat diikuti untuk bisa membantu memotivasi para pegawai dan juga meningkatkan kinerja dari para pegawai.

D.     Pengertian Administrasi Kepegawaian Menurut Para Ahli :

1.      Andrew F. Sikula

            Personel administration is the implementation of human resources (man power) by and withim and enterprise.(1990). Administrasi kepegawaian adalah penempatan orang-orang kedalam suatu perusahaan.

2.      Paul Pigor dan Charles A. Myerse

            Administrasi Kepegawaian adalah seni mencari, mengembangkan, dan mempertahankan, tenaga kerja yang cakap dengan cara sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi dan efesiensi kerja dapat tercapai semaksimum mungkin.

3.      Drs. Manullang

            Administrasi Kepegawaian adalah sesuatu ilmu yang mempelajari cara bagaimana memberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuan dan rasa partisipasi pekerja dalam suatu kesatuan aktifitas demi tercapainya tujuan.

4.      Drs F. X Soedjadi,M.P.A

            Administrasi Kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pimpinan agar tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat, dan fungsi organisasi serta sifat dan hakikat para anggotanya.


Daftar Pustaka




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pegawai

Penanganan dan Pemeliharaan Dokumen